IKlan

jawaban ceritakan tentang minat pekerjaan anda

tipsss wawancara :
Tunjukkan minat Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar. Pewawancara selalu mencari calon yang memiliki keinginan kuat untuk maju. Pewancara juga sangat menyukai calon yang suka terhadap tantangan. Sayangnya, banyak di antara calon yang motivasi kerjanya rendah. Banyak calon yang terjebak dalam pertanyaan : Apa motivasi kerjanya? Sekitar 75 persen --utamanya yang tidak memiliki skill wawancara—menjawab hanya mencari pengalaman dan coba-coba. Jawaban seperti ini merupakan jawaban “kampungan” yang tidak berbobot sama sekali.

pertanyaan lain yang sering di ajukan dalam wawancara ;
Menurut Anda apakah kualitas kunci bagi seorang support person (pribadi pendukung)?"

Beberapa keahlian kunci yang diperlukan adalah sikap teratur, memiliki keahlian komunikasi, bersikap fleksibel, dapat diandalkan, dan menjadi seorang pemain dalam tim. Keahlian-keahlian yang seperti ini adalah sebagian dari beberapa keahlian saya yang dapat dibanggakan. Saya memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik dan memberikan sambutan yang baik manakala diminta untuk bekerja pada proyek-proyek yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya merespon dengan cepat dan tak pernah luput dari tenggat waktu. Teman-teman satu tim saya akan mengatakan kepada Anda bahwa jika saya sedang tidak ada pekerjaan, saya akan menawarkan bantuan kepada orang lain.

"Berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda."

Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.

"Dengan cara bagaimana pekerjaan Anda yang sekarang ini atau pekerjaan Anda yang lalu membuat diri Anda siap untuk menambah beban tanggung jawab?"

Saya punya pengalaman yang sangat luas dalam bekerja dengan para pelanggan pada pekerjaan saya yang terakhir. Pada awalnya saya harus belajar untuk menghadapi orang-orang yang sangat frustrasi dan ingin meluapkan perasaan mereka kepada saya. Harus saya akui bahwa pada mulanya memang sakit hati tatkala seseorang bersikap kasar. Sejak saat itu, saya telah mengikuti beberapa kursus tentang cara menjual dan perilaku manusia yang telah sangat membantu. Saya merasa perlu bahwa pengalaman itu dapat digunakan lebih lanjut pada pekerjaan seperti yang satu ini.

"Apa yang paling Anda nilai pada diri seorang rekan dalam satu tim?"

Saya benar-benar menghargai teman satu tim yang suportif dan mau melakukan apa saja yang dibutuhkan. Salah satu proyek pada perusahaan saya yang terakhir benar-benar menguji kesolidan tim kami manakala salah seorang dari anggotanya mengalami kecelakaan dan harus beristirahat. Walaupun kami masing-masing punya tenggat waktu sendiri, kami semua terjun untuk mengisi kekokosongan manakala hal itu terjadi. Itu berarti dua akhir pekan panjang tambahan, namun kami memiliki tujuan yang sama. Kami mampu menepati tenggat waktu dan merasa senang bisa menolong seseorang yang ditimpa masalah.

"Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/perusahaan?"

Hal pertama yang saya cari adalah kepuasan kerja. Yang saya maksudkan dengan hal itu adalah sebuah perasaan bahwa pekerjaan saya ini faktanya adalah penting atau skema besar. Saya juga mencari pekerjaan yang memiliki peluang untuk maju. Saya ingin tumbuh bersama perusahaan tersebut. Terakhir, saya ingin membina hubungan yang menyenangkan dengan teman-teman sekerja saya. Saya menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan saya dan ingin hal itu menjadi sebuah pengalaman yang baik.

“Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk senantiasa dapat mengikuti perkembangan mutakhir tentang industri dan teknologi yang sedang tren?"

Saya melakukan semua hal yang standar. Saya membaca rubrik bisnis di koran setiap harinya. Saya meriset Internet untuk menggali informasi atas industri tersebut. Saya mengikuti organisasi jaringan lokal dan berlangganan jurnal sebuah industri. Saya adalah anggota sebuah organisasi profesional dan mengikuti pertemuan bulanan untuk membangun jaringan dan tetap menjaga kontak. Saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan, dan maka hal itu menarik bagi saya untuk belajar dan tetap mengikuti perkembangan mutakhir dari dunia kita yang senantiasa berubah ini.

"Apakah Anda yakin bahwa diri Anda overqualified (melampaui persyaratan yang diperlukan) untuk posisi ini?"

Sejak pertama kali saya membaca iklan untuk posisi ini, saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mengerjakannya dengan baik. Saya memiliki pengalaman yang luas yang akan meningkatkan posisi ini sebagaimana digambarkan, dengan membawa ide-ide dan metode-metode baru. Saya punya catatan bukti keberhasilan dalam menata kekacauan dan mengatur pekerjaan agar berjalan secara efisien. Dari apa yang kita bicarakan selama hari ini, saya merasa bahwa saya dapat menjadi solusi bagi masalah Anda. Saya tidak akan menyebut hal itu sebagai overqualified. Saya akan menyebutnya sebagai suatu kelebihan yang ada pada diri saya.

anda bisa mencoba beberapa tips berikut serta temukanlah pekerjaan yang memang benar-benar anda sukai serta anda minati, yaitu sebagai berikut:

1. Lakukanlah hal yang memang membuat diri anda tertarik

Walaupun uang memang penting bagi kehidupan, namun hal tersebut bukanlah segalanya. Jika anda melakukan pekerjaan hanya demi mendapatkan uang, maka anda akan selalu merasa bahwa diri anda memang terbebani. Akan sering muncul keluhan dari diri anda, serta anda akan membenci pekerjaan anda saat ini. Anda harus melakukan hal yang memang bisa membuat anda tertarik dan mencoba mencari selah untuk bisa mengembangkan karir anda dalam satu bidang tersbeut.

2. Pikirkan kembali terkait pekerjaan anda saat ini

Sebelum anda memburu pekerjaan yang baru bagi anda, anda harus benar-benar berpikir terkait apa yang memang tidak anda sukai tentang pekerjaan anda saat ini. Dapat dimisalkan dengan lingkungan pekerjaan anda, rekan-rekan kerja anda atau malah atasan anda di kantor. Jika anda telah mencintai pekerjaan anda tersebut, maka anda harus mencari pekerjaan yang memang sejenis dengan perusahaan lain yang kompetitif. Dan jika anda tidak mencintai pekerjaan tersebut, maka anda harus mencoba untuk mencari karir baru di bidang yang baru pula.

3. Meninjau penilaian karir anda

Banyak diantaranya situs-situs online yang memang banyak menawarkan jasa untuk tes penilaian yang dapat membantu anda dalam menemukan pekerjaan yang memang bisa anda sintai. Dari hasil pengujian tersbeut, anda bisa mengetahui minat serta keperibadian anda dalam menentukan karir kedepannya.

4. Ikuti beberapa kursus

Dalam menentukan minat anda, anda juga bisa mengikuti beberapa kursus yang memang dapat menawarkan latihan keterampilan pada bidang yang memang anda minati. Anda juga bisa mengikuti sejumlah seminar atau pun workshop yang memang sesuai dengan bidang yang anda minati juga. Sementara itu, ketika anda tengah mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan minat anda, anda juga masih bisa mengerjakan pekerjaan anda saat ini.

5. Dengan menjadi relawan

Nah, jika anda masih kurang yakin dengan perubahan karir anda, maka anda juga bisa mencoba untuk menjadi relawan yang memang ada pada bidang yang anda minati juga. Hal tersebut setidaknya bisa membantu anda dalam memberikan gambaran yang terkait dengan karir baru anda.

6. Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan

Anda dianjurkan untuk tidak gegabah dalam mengambil keputusan untuk keluar dari pekerjaan anda saat ini, kecuali jika anda telah mengamankan posisi yang baru. Anda harus menjadi orang yang pintar dalam berburu pekerjaan anda.

Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat
1. Temukan Ketertarikan
Mempertimbangkan untuk mengganti pekerjaan menyangkut hal seberapa besar gaji yang diterima. Terkadang, pekerjaan yang kita senangi tidak sesuai dengan penghasilan yang diterima. Namun, bila Anda mempunyai kesempatan untuk bekerja di bidang yang disukai dan sesuai dengan ketertarikan Anda, hal itu tidak lagi menjadi masalah. Sebab, Anda dapat bekerja secara lebih produktif dan bahagia.

2. Pertimbangkan Alasan
Sebelum memulai untuk mencari pekerjaan baru, pikirkan dengan baik mengapa Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan sekarang. Jika hal-hal yang menjadi ketidaknyamanan di luar dari pekerjaan itu sendiri, seperti atasan atau lingkungan pekerjaan, Anda dapat mencari posisi yang sama pada perusahaan lain. Akan tetapi, bila yang bermasalah adalah pekerjaan Anda sendiri, mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk mencari kerjaan baru yang sesuai dengan minat.

3. Lakukan Tes Online
Bila Anda masih bingung akan pekerjaan apa yang akan dipilih nantinya, ikutilah tes online yang tersedia. Selain pekerjaan, Anda juga dapat menemukan masalah lain yang membuat Anda tidak nyaman dengan pekerjaan sekarang yang sedang dijalani.

4. Tingkatkan Keahlian
Tidak yakin dengan keahlian yang dimiliki? Anda dapat mengikuti pelatihan-pelatihan terkait yang disediakan. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meyakini keputusan Anda.

5. Sediakan Waktu
Sisakan waktu untuk mencoba melakukan ketertarikan yang Anda miliki. Mempraktekkannya pada waktu luang, akan memberi Anda pandangan yang jelas bila nantinya Anda memilih langkah ini.

6. Jangan Terburu-buru
Dalam situasi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini, hidup tanpa pekerjaan menambah berat beban hidup. Lakukan secara bertahap sehingga Anda tidak kehilangan penghasilan sampai Anda menemukan pekerjaan yang tepat.

sebelumnya 

Facebook CommentsShowHide

0 komentar

TERIMA KAIH TELAH BERKOMENTAR

Diberdayakan oleh Blogger.